Masukan Nama Penyanyi - Judul Lagu

Mesin Cari Free Download Mp3 Gratis

Translate To Your Language

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Selasa, 27 April 2010

Eric Clapton...Sang Legenda Gitar yg Menyuarakan Luka-luka Psikologisnya.


I feel wonderful because I see
The love light in your eyes
And the wonder of it all
Is that you just don't realize
How much I love you

Ini adalah sepenggal lirik lagu abadi milik Eric Clapton “wonderful tonight” yang ada di album Slowhand (1976). Eric Clapton adalah Legenda Gitar dunia, karena kehebatannya bermain gitar, maka salah seorang penggemarnya menuliskan graffiti di sebuah tembok stasiun di Islington Underground dengan sebutan “Clapton is God”, sebagai pendewaan terhadap Clapton.

Eric Patrick Clapton CBE (lahir di Ripley, Surrey, England, 30 Maret 1945; umur 65 tahun), dari seorang ibu yg bernama patricia Molly Clapton yang saat itu masih berusia 16 tahun. Ayahnya sendiri bernama Edward Walter Fryer, berusia 24 tahun, seorang tentara dari Kanada, keduanya tidak menikah. Sebelum Clapton lahir ayahnya kembali bertugas ke kanada. Masa Kecil yang kelam membuat dirinya sejak kecil menjadi pemurung dan Pemalu.

Di ulang tahunnya yang ke 13, dia diberikan hadiah gitar akustik Spanish Goya. Dia pertama kali mendengar lagu-2 Robert Johnson yang penuh kegetiran dan kesepian di usia 16 tahun. Sejak saat itu hidupnya berubah dan langsung mempunyai cita-cita menjadi seorang pemusik Blues. Di Usia 17 tahun, dia sudah bergabung dengan band R n B yg bernama Roosters. Setelah itu mendirikan the Yardbird dari tahun 1963-1965. Permainan Gitarnya sangat dipengaruhi oleh Buddy Guy, Freddie King, and BB King.
julukan: "Slowhand", diberikan karena kebiasaannya saat senarnya putus di atas panggung, dia akan menggantikan senarnya.

Clapton gitaris sekaligus penyanyi, pencipta lagu, dan komponis asal Inggris yang pernah memenangi Grammy Award. Sebagai salah seorang musisi paling sukses di abad ke-20 dan abad ke-21, namanya diabadikan di museum Rock and Roll Hall of Fame sebanyak 3 kali (sebagai personil The Yardbirds, Cream, dan sewaktu berkarier solo). Penggemar dan kritikus musik menyanjungnya sebagai gitaris terbesar sepanjang zaman. menempati urutan ke-4 dalam daftar Gitaris Terbesar Sepanjang Masa yang diumumkan majalah Rolling Stone. Selain itu, namanya juga masuk ke dalam daftar "100 Artis Terbesar Sepanjang Zaman" (The Immortals: 100 Greatest Artists of All Time) yang diumumkan majalah yang sama.

Sepanjang kariernya, Clapton dikenal memiliki gaya bermusik yang sangat bervariasi, namun semuanya berakar dari blues. Selain itu, nama Clapton dicatat dalam sejarah musik sebagai pencetus aliran blues-rock (bersama John Mayall & the Bluesbreakers dan The Yardbirds) serta psychedelic rock (sewaktu bersama grup musik Cream). Bukan hanya itu saja, lagu-lagu Clapton sukses dalam tangga lagu berbagai aliran, mulai dari delta blues (Me and Mr. Johnson) hingga kategori musik pop ("Change the World") dan reggae (sewaktu menyanyikan ulang lagu Bob Marley's "I Shot the Sheriff"). Clapton juga terkenal dengan lagu "Layla" sewaktu bergabung bersama grup musik Derek and the Dominos.


Time can bring you down
Time can bend your knee
Time can break your heart
Have you begging please
Begging please
(instrumental)
Beyond the door
There’s peace I’m sure
And I know there’ll be no more…
Tears in heaven


Lirik di atas adalah penggalan lirik dari lagu “Tears in Heaven” milik Eric Clapton yang diciptakan di tahun 1991, saat anak lelakinya yang bernama Connor dan masih berumur empat tahun meninggal akibat jatuh dari lantai 53 sebuah gedung bertingkat di New York. Sebuah kegetiran yang dituangkan dalam lagu yang akhirnya melegenda.

Eric Clapton selalu bernyanyi dan menjadi Bluesman yang berdiri di ujung panggung dan mengungkapkan luka-luka psikisnya kepada penonton. Dan bagi kita yang mencintai seseorang dan kita tidak bisa memilikinya karena sudah menjadi istri orang, kalian tidak sendirian, karena sang Legenda Gitar ini juga mengalaminya. Saat membentuk Grup Derek and the Dominos, Clapton mencipta lagu yang sangat terkenal “Layla”. Lagu ini terinspirasi dari cerita Persia Layla Majnun. Cerita yang mengisahkan seorang pemuda yg jatuh cinta pada perempuan cantik tetapi tidak bisa menjadi istrinya. Clapton menganggap cerita cinta ini sangat mirip dengan kisah cintanya kepada Pettie Boyd (istri George Harrison, The Beatles).

When You Get L onely
With Nobody Waiting By Your Side
Youve Been Running And Hiding Much Too Long
You Know Its Just Your foolish Pride

Layla
You Got Me On My Knees
Layla
im Begging Darling Please
Layla
darling Wont You Tease My Worried Mind
Tried To Give You Consolation

Your Old Man Wont Let You Down
Like A fool
I fell In Love With You






Diskografi :
1970 Eric Clapton
1974 461 Ocean Boulevard
1975 There's One in Every Crowd
1976 No Reason to Cry
1977 Slowhand
1978 Backless
1981 Another Ticket
1983 Money and Cigarettes
1985 Behind the Sun
1986 August
1989 Journeyman
1994 From the Cradle
1998 Pilgrim (RIAA:Platinum)
2001 Reptile
2004 Me and Mr. Johnson
2004 Sessions for Robert J
2005 Back Home (RIAA:Gold)




Madiun, 28 April 2010
Arif Gumantia
Creator Grup Legenda Rock Di FB
“Only Brave Heart playing Rock”

Sumber bacaan :
-Buku “Dewa-dewa Gitar” karangan D. Rush
- Wikipedia
- Pendapat pribadi

Tidak ada komentar: