Masukan Nama Penyanyi - Judul Lagu

Mesin Cari Free Download Mp3 Gratis

Translate To Your Language

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Jumat, 10 Juli 2009

Resensi Kumpulan Cerpen Laki-laki beraroma rempah-rempah ( kumpulan cerpen Tina K)


Membaca Kumpulan Cerpen “Laki-laki beraroma rempah-rempah” dari Tina K atau nama FB-nya Magi Luna ini kita seakan di ajak untuk masuk dalam kehidupan para wanita lajang dengan segala problematika cintanya di kota Metropolitan. Dari 18 cerita pendeknya semuanya mengalirkan cerita yang begitu memukau tentang para wanita lajang dalam menyikapi cinta dengan setting kota metropolitan, dari sudut pandang seorang wanita.

Teman saya Tina K, lahir dan besar di semarang, dan kuliah di Akses Tarakanita Jakarta. Sejak SMA hingga tamat kuliah dan bekerja, banyak menulis tentang kisah perjalanan sesuai hobbynya yang suka traveling, juga sering menulis cerpen, novelette, dan puisi. Tulisannya banyak di muat di kumpulan cerpen Anita cemerlang, juga tersebar di majalah Gadis, Femina, Halo, Cinta, Aneka, Kawanku, dan Kartini. Buku kumpulan cerpen ini adalah kumpulan cerpennya yang pertama.

Membuat sebuah cerpen adalah tidak mudah, karena begitu cerita di mulai tugas pengarang adalah bagaimana Pembaca tidak berhenti membaca dan tetap setia menyusuri jalinan cerita sampai selesai. Di sinilah kita temukan kekuatan atau kepiawaian Tina K dalam menulis cerpen, pembaca seakan dihadapkan pada impuls naratif yang memancing daya imajinasi dan juga hanyut seakan pembaca merasa ada di dalam cerita tersebut.

Dengan deskripsi tentang detail baik suasana maupun tempat yang diceritakan dengan mengalir indah, dialog antar tokoh-tokohnya yang saling bertautan, juga bangunan konflik yang di bangun, bisa untuk memancing daya emosi dan imajinasi pembaca seakan kita sendiri yang sedang mengalami jatuh cinta atau patah hati yang ada pada jalinan cerita tersebut. Selain itu ending yang sering yang terduga membuat pembaca tidak saja setia untuk menyusuri kata dan kalimatnya tapi bahkan bisa larut di dalamnya.

Dibuka dengan Cerpen berjudul “laki-laki beraroma rempah-rempah”, kita dihadapkan bahwa bagaimana seorang wanita yang “biasa” dan sudah terbiasa dengan wajah dan bentuk tubuhnya yang gendut, berusaha untuk menjadi wanita seperti dalam iklan yang cantik dan langsing karena jatuh cinta pada seorang yang tampan dan manly sekali. Sebuah gambaran tentang realitas yang sering kita jumpai.

Dalam “badai siang hari” tema tentang cinta segi tiga yang coba ditawarkan. Dilanjutkan dengan “Di ujung Pelangi” yang berkisah tentang kecantikan wanita tidaklah hanya pada apa yang tampak tapi juga pada inner beauty, otak yang cemerlang, sifat, dan sikapnya.
yang menarik dari kumpulan cerpen ini adalah ada puisi-puisi juga yang terselip di antara cerpen-cerpen yang ditampilkan, seperti Puisi di bawah ini:
Rinduku padamu adalah sungai tak bermuara,
Di pusarannya,
Hatiku,
Sekarat.

Ada juga cerpen dengan judul “gaun kembang rumput dari alia’ yang berisi tentang kepedihan seorang gadis yang menderita penyakit ginjal dan harus selalu melakukan cuci darah, tapi dalam sisa hidupnya ingin mempersembahkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, sungguh cerita yang sangat kontemplatif. Dan juga dengan lagi maraknya Facebook ada juga cerpen yang mengisahkan betapa lewat Facebook bisa terjadi romantika percintaan seperti dalam cerpen “ Cermin yang retak”.

Secara keseluruhan 18 cerpen ini, pengarang berhasil untuk menjaga ritme cerita sehingga pembaca akan dihadapkan pada kejutan-kejutan. Dan juga dengan gaya bercerita yang mengalir meskipun ada letupan-letupan perasaan para tokohnya, membuat
Ceritanya enak untuk dibaca dan dinikmati.
Dan sesuatu yang dapat kita petik dan renungkan dalam kumpulan cerpen-cerpen ini adalah sepahit apapun hidup kita, kejujuran adalah hal yang utama.
Selamat menikmati cerpen-cerpen dari Tina K ini, yang sekarang sudah tersedia di toko-toko buku.





Madiun, 08/07/2009
Arif Gumantia
Juru tulis yang suka nasi pecel


------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
• bagi teman-teman yang ingin berkenalan dengan penulisnya, Tina K atau Magi luna itu saya taruh di atas sendiri FB-nya,
• Buat mbak magi luna terima kasih kiriman buku kumpulan cerpennya juga tanda tangannya...sukses selalu...keep writing...



pengarang : Tina K.
Penerbit : Kutubuku Sampurna
Jl. Tosiga Ujung No. 74 Kebun Jeruk Jakarta Barat
Telp: (021) 5344420
Tahun : 2009

1 komentar:

I.N.G.G.I.T mengatakan...

waaa....bagus banget resensinya..ak jadi tertarik pengen baca. berkat tugas b.ind juga suru nyari resensi .^^