Masukan Nama Penyanyi - Judul Lagu

Mesin Cari Free Download Mp3 Gratis

Translate To Your Language

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Rabu, 15 Juni 2011

Stalin..Kisah yang tak terungkap

Come crawling faster
obey your Master
your life burns faster
obey your Master
Master
Master of Puppets I'm pulling your strings
twisting your mind and smashing your dreams
Blinded by me, you can't see a thing
Just call my name, `cause I'll hear you scream
Master
Master
Just call my name, `cause I'll hear you scream
Master
“Master Of Puppets” ~Metallica

Hal yang menarik dalam membaca sebuah Biografi Tokoh dalam sejarah adalah mengetahui kisah-kisahnya yang tidak terungkap, kisah-kisah yang sering digali oleh penulisnya dari sisi manusianya...sisi “human Being”nya. Hingga kita yang membaca bisa tersenyum , marah, atau sekedar menggeleng-gelengkan kepala.

Begitu juga kisah Stalin, yang ditulis oleh Simon sebag Montefiore. Dengan Judul Stalin, Kisah-kisah yang tak terungkap. Memang hanya sedikit buku-buku tentang stalin yang membongkar misteri-misteri yang melingkupi sang pembunuh massal ini. Hingga buku ini pun wajar jika mendapat peenghargaan sebagai peraih History Book of the year versi British Book Award.

Buku ini berdasarkan riset dari Penulis , Simon Sebag M, dengan tekun dan cermat dari berbagai surat, telegram, dan buku harian teman-teman dekat Stalin. Hingga bisa mendeskripsikan sosok stalin dari sisi kemanusiannya. Hingga kita akan temukan sosok seorang Stalin, Diktator yang narsis, tapi sekaligus rapuh, peragu, pencemas, dan tentunya mempesona banyak wanita.

Kemampuannya yang sangat diakui oleh para politikus dunia adalah bagaimana dia mampu mereduksikan sebuah masalah yang begitu rumit menjadi sesuatu yang sederhana. Sebuah bakat yang sangat diperlukan dalam dunia politik, dimana banyak berisi akal-akalan, pat gulipat, diplomasi dagang sapi, dan bagaimana memanjat tangga kekuasaan. Hal ini sangat dikuasai oleh Joseph stalin, yang punya nama asli Joseph Vissarionovich Djugashvili, yang lahir di sebuah Gubuk (gubuk ini sampai sekarang masih diabadikan) pada tanggal 6 desember 1878, di Gori sebuah kota kecil di tepi sungai kura Georgia.

Yang menjadi teka-teki adalah darimana sebenarnya nama Stalin ini berasal, di diduga nama ini diambil dari seorang yang pernah memadu asmara dengannya, seorang yang cantik dan montok yang bernama Ludmilla Stal. Stalin yang mempunyai watak temperamental, dan mudah emosi tapi juga mempunyai sifat yang lembut pada kawan-kawannya. Hingga Nikita Kruschev penerusnya menjulukinya Litsedei, Pria dengan banyak wajah. Bener-bener seorang aktor sekaligus sutradara yang menikmati drama yang diciptakannya sendiri.

Dalam Buku ini juga diceritakan bagaimana Stalin memobilisasi para petani dan hasil tanam mereka secara paksa di jual di luar negeri untuk mendanai berbagai ambisinya dalam bidang persenjataan, yaitu menciptakan pembangkit listrik dengan tujuan memproduksi Tank dan Pesawat. Di sisi lain dengan para kawan dan anak buahnya begitu lembut dan penuh keakraban hingga semua anak buahnya merasakan sebuah ketulusan dalam pelukan stalin. Dan yang tidak banyak diketahui Stalin tidak berkutik di sudut kerling istri keduanya Nadya Alliluyeva, hingga stalin takut padanya. Sebuah paradoksal.

Sangat kontras sekali jika kita baca jejak sejarah yang diciptakannya yaitu diperkirakan telah membantai 20 juta orang, mendeportasi 28 juta orang, dengan 18 juta di antaranya diperbudak di gulag.
Dan yang lebih memimbulkan paradoks lagi adalah dia doyan banget melahap buku-buku sastra baik prosa maupun puisi, cerpen, novel, dan puisi-puisi dilahapnya, juga buku-buku tentang sains hingga dia menjadi seorang intelektual meski tidak mempunyai bakat sastra dari sang ayah dan ibunya. Sang ayah adalah seorang tukang sepatu dan ibunya bekerja sebagai tukang cuci.

Inilah mungkin yang membuat Stalin menjadi Mempesona, maka banyak yang mengatakan bahwa stalinlah penguasa rusia yang merupakan Pembaca buku terbaik sejak chaterine yang agung hingga Vladimir Putin, Bahkan Lenin yang terkenal sebagai Intelektual pun masih kalah meski lenin menikmati pendidikan bangsawan. Stalin mempunyai perpustakaan yang berisi 20 ribu buku yang pernah dibaca semua, seperti novel-novel karya Hugo, Gogol, Hemingay, wilde, steinbeck, dll. Tapi itu semua tidak mengurangi kekejamannya.

Memang sebuah sosok yang paradoksal. Atau mungkin di jiwanya terombang ambing antara Kegagahan dan kerapuhan.


Judul Buku : Stalin Kisah-kisah yang tak terungkap
Penulis : Simon Sebag Montefiore
Penerbit : Alvabet
Penerjemah : Yanto Musthafa dan ida Rosdiana


Madiun, 16-6-2011
Arif Gumantia
GusDuRians , Bekerja di Dynamic Research

Tidak ada komentar: