Masukan Nama Penyanyi - Judul Lagu

Mesin Cari Free Download Mp3 Gratis

Translate To Your Language

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Minggu, 06 Mei 2012

Pada Seperdelapan Gunung Es (resensi Kumcer "Korsakov" karya wina bojonegoro)


Peristiwa yang tampak biasa, akan menjadi kisah yang luar biasa jika dikemas pada sebuah cerpen yang menawan. Dan kepiawaian pengaranglah yang membuat peristiwa-peristiwa menjadi cerpen yang menawan. Kepadatan, kelugasan, kecermatan, dan deskripsi latar yang tepat akan membawa peristiwa yang tampak biasa menjadi cerpen yang menawan.cerpen yang bisa mengaduk emosi ataupun menyergap pikiran, cerpen-cerpen yang seperti sebuah puisi yang kaya makna.



Cerpen-cerpen yang didalamnya tidak banyak memberikan sebuah khotbah, cerpen yang tanpa banyak menggurui. Pengarangnya tidak memberikan sebuah kesimpulan-kesimpulan tapi justru menghujamkan rentetan pertanyaan-pertanyaan yang memaksa pembaca untuk menggali makna yang ada didalamnya, memberikan sebuah ruang yang terbuka untuk kontemplasi pembacanya.



Dan kumpulan cerpen Wina Bojonegoro, yang punya nama lengkap Endang Winarti, novelis dan cerpenis yang lahir di bojonegoro dan sekarang tinggal di surabaya ini, lewat Buku kumpulan cerpen Pilihan KORSAKOV mencoba mengangkat peristiwa-peristiwa yang biasa dan sering kita temui dalam realitas kehidupan menjadi cerpen-cerpen yang menawan dan mengaduk emosi pembaca dengan ending yang sering tak terduga.



Ada 18 cerpen di buku kumpulan cerpen pilihan ini, yang sebagian besar pernah di muat di harian Jawa Pos. Persembahan terakhir, di atas jembatan rolak namaku giri, miss markonah, antara porong-jakarta, laki-laki suami dhanty, prime customer, lelaki berbulu, korsakov!, kabar dari glasgow, namanya maria, arimbi vs basuki episode surat kejantanan, dalam jeda, lelaki asing yang menemaniku ngopi, malam itu, perempuan yang menanti, perjalanan terakhir, irama dalam hujan, seruni.



Semua cerpen yang ada dalam kumpulan cerpen ini, bisa membangkitkan imajinasi para pembaca, dan dengan ilustrasi foto dari Arik S. Wartono di tiap cerpen-cerpennya semakin membuat kisah-kisahnya menjadi imajinatif dan kontemplatif. Ada beberapan cerpen-nya mempunyai kedalaman makna yang bisa didapatkan para pembacanya, berkat tema dan gaya penceritaan hingga menghasilkan cerpen yang menawan. Seperti cerpen antara porong-jakarta, bercerita tentang kepedihan para korban lumpur lapindo tanpa terjebak pada sebuah kisah yang klise. Dengan menggunakan gaya bahasa yang mengalir, sebuah bahasa yang akan kita temui sehari-hari meski ada nuansa satire di dalamnya.



Cerpen Prime customer, deskripsi tentang perasaan dan tokohnya tidak diraikan secara panjang lebar, tapi pembaca dapat menerka pergolakan emosi dan dinamika batin tokohnya lewat dialog-dialog dalam kalimat dan tindakan para tokoh dalam dunia fiksi yang diciptakan oleh wina bojonegoro. “istriku frigid” katanya pilu. “hmmm..syukurlah..” kataku riang. “asem! Kamu senang ya?”. “dengan begitu kau akan selalu datang padaku.” (halaman 55).

Dalam cerpen lelaki berbulu, dengan tehnik penceritaan yang piawai, pembaca seakan menyaksikan lanskap, adegan, dan tokoh-tokohnya. Dengan perkataan lain watak dan alur tokohnya diperagakan dan bukan diuraikan. Juga tema tentang emosi, penyakit jiwa, cinta dan kesetiaan. Dimana sering membuat manusia terombang ambing antara ketegaran dan kerapuhan.



Dan cerpen yang diambil sebagai judul buku “Korsakov!” ini menjadi semacam cerpen sebuah kisah perjalanan, deskripsi latar Dan kalimat-kalimat di awal cerita seperti sebuah puisi cinta yang kaya makna dan berakhir dengan ending yang menikam kepedihan. Hingga membuat pembaca seakan berada begitu dekat dengan sang tokoh yang bernama sri sulastri.



Menarik sekali membaca cerpen Perjalanan Terakhir (halaman 145), pembaca diajak untuk melintasi sebuah batas dikotomi antara laki-laki dan perempuan. Melintasi batas pandangan stereotipe Bahwa tidak selamanya perempuan adalah seorang yang penuh kelembutan. Ada kalanya perempuan juga menyimpan sebuah kekuatan dan kekejaman yang bisa diwujudkan saat motivasi memenuhi rongga dada. “sekarang kau milikku selamanya, kau tak bisa ke mana-mana.” Secara spontan aku bangkit, namun sesuatu menahanku. Kedua tangan dan kakiku terbelenggu pada kursi malas. Dia tersenyum menatap keluar jendela seraya mengayun-ayunkan kursi goyangnya. Dengan wajah penuh kemenangan ia mengangkat segerombolan anak kunci.



Ernest hemingway mengatakan : “ Keanggunan gerak gunung es terjadi hanya seperdelapan bagiannya yang muncul di atas air.” Dalam seperdelapan tersebut menyimpan sebuah magma. Begitupun cerpen, penggalan-penggalan kisahnya menyimpan sebuah makna yang dapat ditafsirkan oleh pembaca.



Secara keseluruhan saya memberikan apresiasi yang tinggi atas Buku kumpulan cerpen ini. Banyak tema yang diambil dan berbagai eksperimentasi tekhnik penceritaan. Sesuai dengan aktifitas wina bojonegoro yang malang melintang di dunia teater. Hingga banyak menemukan hal-hal yang bisa ditangkap dan diolah dalam sebuah cerita. Semoga kumpulan Cerpen “Korsakov” ini dapat menambah Khasanah Kesusasteraan Indonesia , agar semakin Hidup dan semakin menyebar di seluruh Negeri Ini.









*Tulisan ini di muat Di Jawa Pos minggu, tgl. 6 mei 2012

* 10 % atas penjualan buku ini akan disumbangkan kepada : Panti asuhan Adinda, jl. jagir sidoresmo surabaya















Madiun, 24 april 2012

Arif Gumantia, Ssi

Ketua Mejelis Sastra Madiun





Judul buku : Korsakov, kumpulan cerpen pilihan.

Penulis : Wina Bojonegoro

Penerbit : Elmatera, jl. Waru 73 B Sambilegi Baru, Maguwoharjo Yogyakarta.

Cetakan pertama Desember 2011

Tidak ada komentar: