Masukan Nama Penyanyi - Judul Lagu

Mesin Cari Free Download Mp3 Gratis

Translate To Your Language

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Minggu, 14 April 2013

RUSH, tiga yang meguak sejarah Musik Rock.


Tiga orang dengan kemampuan musikalitas yang luar biasa pada akhirnya akan menjadika lagu-lagunya mengabadi, menembus batas berbagai generasi. Geddy lee (vocal, Bass). Alex lifeson (Gitar), dan Neil Peart (Drum) dengan Super Grupnya bernama RUSH. Meski pada awalnya terbentuk tahun 1968 sering berganti-ganti personel, tapi tiga rockers tersebutlah yang benar-benar menguak takdir sejarah musik Rock, sejak debut album pertama mereka di tahun 1974 yang berjudul RUSH.

Tiga orang yang memainkan musik, seolah-olah ada banyak personel yang memainkannya, hingga musiknya begitu hidup dan memukau. Musik Rush sendiri dipengaruhi oleh Cream, Led Zeppelin, Deep Purple, The Who, Pink Floyd, dll. Hal yang patut kita apresiasi tinggi adalah musiknya penuh eksperimentasi dengan mengkolaborasikan musik rock dengan new wave, reggae, pop rock, folk, dll.

Ciri yang sangat menonjol adalah eksplorasinya yg dahsyat pada efek synthisezer, dan diperkaya dengan gebukan drum neil peart yang menggunakan drum elektrik, triangles, wood blocks. Dan kegemaran alex lifeson memainkan chord hingga tercipta lagu-lagu dahsyat seperti tom sawyer, subdivision, spirit of the radio, limelight, dll.

Selain musiknya yang dahsyat, lirik-lirik lagunya dipengaruhi oleh Puisi, fantasi, science fiction, dan juga dari novel seperti Tom sawyer karya Mark Twain atau Anthem yang dipengaruhi oleh Novel karya Ayn Rand. Hingga saat mendengarkan musiknya, kita seakan dilambungkan dengan imajinasi-imajinasi yang menyertai lagu-lagunya. Dan juga makna yang kontemplatif dari lirik-liriknya seperti “the enemy within”. Musuh terbesar tidak di luar sana, tapi ada di dalam diri kita.


Dengan suara Vokal Geddy lee yang melengking tinggi, gebukan drum neil peart yang powerfull, juga gaya alex lifeson yang sering menggunakan senar atas seperti irama Bass yang dipetik dan selalu bergerak seperti pada Fly By night, menggabungkan open string dalam petikan yang menawan dengan gitar akustik Gibson B-45 pada “Closer To the heart” juga intro gitar dengan tehnik hammer on dan pull off pada lagu Spirit of the Radio.

Eksperimentasi Teknik alex lifeson yang sungguh memukau membuatnya patut dujuluki Dewa Gitar. Seperti eksperimentasi pada open string atau chord reggae dan funk dalam lagu Red Sector A. juga kegemarannya memainkan chord (bermain dengan banyak chorus dan delay) menjadikan sound Rush mempunyai sound yang khas.

Hanya sedikit trio musik Rock yang mengguncang dunia, dan Rush telah membuktikannya. Keep on rockin’.

Rush’s albums



Arif Gumantia
Only brave heart playing rock



Tidak ada komentar: